SEMINAR NASIONAL “MENGGAGAS EKONOMI PERDESAAN”

PANDEGLANG, – Pusat Studi Kelembagaan Desa (Puslamdes) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Banten Raya Pandeglang, kembali mengelar Seminar Nasional dengan tajuk “Menggagas Ekonomi Perdesaan” Kamis (25/11).

Seminar Nasional ini dibuka Ketua STISIP Banten Raya Dr. Nasir, SP., M.P dan Kepala Pusat Studi Kelembagaan Desa STISIP Banten Raya, Jaka Permana, S.AP., M.A.P.

Dalam sambutannya, Ketua STISIP Banten Raya Dr Nasir MP menyampaikan “bahwa seminar nasional ini bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Sehingga melalui seminar nasional ini kita bisa mendapatkan masukan dari berbagai narasumber yang berpengalaman guna mencari potensi ekonomi desa”.

Sedangkan narasumber dalam seminar ini, Dr. Oktiva Anggraini, S.I.P., M.Si selalu Kepala LPPM Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, menilai peran strategis Perguruan Tinggi dalam menggagas ekonomi perdesaan sanga penting. Perguruan Tinggi harus proaktif dan mengambil ruang sebagai pilar utama membangkitkan potensi ekonomi perdesaan di Indonesia.

Artinya, peran Perguruan Tinggi harus mampu mengenali berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa dan kemudian bersama-sama secara partisipatif mencari solusi permasalahan sesuai dengan karakter desa masing-masing. Termasuk ikut merumuskan berbagai permasalahan yang ada di tingkatan perdesaan, hingga kemudian mendorong pengembangan ekonomi berbasis pengetahuan.

Dengan demikian Perguruan Tinggi dapat berkolaborasi dengan desa sebagai laboratorium sosial guna menopang Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti penelitian dan pengabdian masyarakat. Sementara Ludiro Madu, SIP, MSI dari jurusan Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) menyebutkan bahwa penguatan digitalisasi dan sistem informasi di level perdesaan menjadi hal penting.

Pasalnya era revolusi industri 4.0 dan big data membuat penguatan sistem informasi dan digitalisasi di perdesaan menjadi kunci utama pengembangan ekonomi desa. Langkah yang paling bisa dilakukan dengan sesegera mungkin bagi desa adalah membangun sumber informasi melalui media sosial maupun website. Dengan tersedianya informasi tentang desa yang terintegrasi, tentu akan membuat potensi desa dapat berdaya saing di kancah internasional.

Lebih lanjut, Dr. Asep Muslim, M.Si., M.A selaku Wakil I Bidang Akademik STISIP Banten Raya, menjelaskan bahwa pengembangan ekonomi perdesaan di wilayah Kabupaten Pandeglang membutuhkan kolaborasi antar stakeholder. Tidak hanya peran pemerintah daerah, tetapi peran simpul masyarakat sipil seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (NGO) menjadi hal penting untuk diajak berkolaborasi menggali potensi yang ada di Pandeglang.

Pemateri terakhir berasal dari desa wisata Beji Patuk, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, Sukriyanto selaku ketua desa wisata Beji Patuk, memaparkan pengalamannya dalam membangun desa pelosok di Gunungkidul yang kemudian diubah menjadi konsep desa wisata berbasis kearifan lokal.

Sukriyanto menilai dibutuhkan sosok pioner yang bisa mengerakkan masyarakat desa agar mau ikut berkontribusi membangun desa termasuk dalam pemberdayaan masyarakat perdesaan. Pioner ini bisa didorong dari para pemuda desa yang masih memiliki semangat juang yang tinggi, sebab dalam membangun potensi desa wisata sangat dibutuhkan waktu dan perjuangan yang keras.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
STRUKTUR KELEMBAGAAN

FORM

1. Pendaftaran Seminar Proposal

2. Pendaftaran Sidang SKRIPSI

JADWAL KULIAH

Awal Semester Ganjil 2021/2022

Awal Semester Genap 2021/202

KALENDER AKADEMIK

TA. 2021/2022

SIAKAD ONLINE

SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Pelayanan Bidang Akademik

Non Akademik

PUBLIKASI KAMPUS
Lembaga
Admin

SAFARI KAMPUS STISIP BANTEN RAYA

PANDEGLANG.- Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya melakukan “Safari Kampus” ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Pandeglang, khususnya di Kecamatan Panimbang, Kecamatan Cigeulis, Kecamatan Cibaliung dan Kecamatan Cibitung, kamis (4/8). Kegiatan safari kampus ini bertempat di aula kecamatan bertujuan untuk mensosialisasikan kampus STISIP Banten Raya dan menyampaikan

Kemahasiswaan
Admin

STUDI LAPANGAN KE BADUY

LEBAK,- Puluhan mahasiswa program studi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik (STISIP) Banten Raya melakukan Studi Lapangan, minggu (24/7) ke Suku Baduy, Desa Kenes, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak-Banten. Hal ini dikaitkan dengan matakuliah Antropologi. Kegiatan tersebut dilaksanakan mahasiswa semester dua tingat satu, karena kuliah lapangan termasuk pada

Kemahasiswaan
Admin

SOSIALISASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

LEBAK, – Dalam rangka menindaklanjuti hasil kerjasama antara DPMD Kabupaten Lebak dengan STISIP Banten Raya (12/21), Pihak kampus hadir dalam sela acara Pelatihan “Pembinaan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa” Bagi Kepala Desa Baru Se-Kabupaten Lebak Tahun 2022 yang di laksanakan di LPMP Prov. Banten, kamis, (7/22). Pada kesempatan tersebut Kabag Kemahasiswaan

Kemahasiswaan
Admin

PROGRAM KERJA ORMAWA TAHUN 2022-2023

PANDEGLANG, – Organsisasi Kemahasiswaan (Ormawa) STISIP Banten Raya melaksanakan Rapat Kerja tahun 2022/2023, diruang kampus pada Kamis (23/6). Rapat kerja ini dihadiri masing-masing perwakilan dari Ormawa STISIP Banten Raya sebanyak 35 orang dan di pimpin langsung Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswan,  Dian Wahyu Danial, M.AP. Seluruh organisasi kemahasiswaan (Ormawa) memaparkan

Kemahasiswaan
Admin

KUNJUNGAN ILMIAH KE DESA WISATA SUKARAME KABUPATEN PANDEGLANG

PANDEGLANG. – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya, melakukan kunjungan lembaga ke Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Kunjungan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Tahun 2022. Kunjungan ilmiah ini juga diikuti

Kemahasiswaan
Admin

SOSIALISASI DAN BIMTEK PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 2022

PANDEGLANG. – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya, mengelar kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022. Kegiatan Bimtek ini digelar di ruang kuliah umum STISIP Banten Raya, sabtu (12/3. Kegiatan Bimtek ini dibuka Ketua STISIP Banten Raya, Dr. Nasir, SP., MP. Program

Lembaga
Admin

KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN KAB. PANDEGLANG KE PERPUSTAKAAN BARAYA

PANDEGLANG. – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan lmu Politik STISIP Banten Raya mendapat kunjungan dari Perpustakaan Kabupaten Pandeglang dalam rangka Pembinaan perpustakaan kampus, kamis (10/2). Dalam hal ini, H. Hendri sebagai pustakawan Kabupaten Pandeglang menjelaskan prosedur secara subtansi dalam pengelolaan perpustakaan kampus, antaranya perpustakaan kampus harus sudah memiliki Akreditasi Perpustakaan,

Lembaga
Admin

RAPAT KOORDINASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN TINGGI DAN PROGRAM KERJA LLDIKTI WILAYAH IV

JAWA BARAT. – Ketua STISIP Banten Raya Dr. Nasir, S.P., M.P menghadiri acara Rakor Perguruan Tinggi Lingkup LLDIKTI Wilayah IV di Hotel Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung (9/02). Hadir Dirjen Dikti, Wakil Ketua Komisi X, Gubernur Jabar, dan para Stakeholder dan seluruh Rektor/ Direktur dan Ketua Perguruan Tinggi

Penelitian
Admin

BIMTEK PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN

PANDEGLANG. – LPPM STISIP Banten Raya menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan secara Offline dengan Protokol Kesehatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 50 Peserta dengan narasumber Dari Untirta, Dadan Darmawan, M.Pd dan dibuka langsung oleh Ketua STISIP Banten Raya Dr.

KAPPEMI. Jurnal : Kajian Administrasi, Politik dan Pemerintahan Indoneisa diterbitkan oleh Sekoloah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya bekerjasama dengan IAPA  (Indonesian Association for Public Administration) dan KAPSIPI (Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia) sebagai revier, tujuan utamanya untuk menyebarkan kritik dan analisis asli dari peneliti dan praktisi akademis tentang berbagai kajian Admnistrasi Publik, Politik dan Pemerintahan Indoneisa. Tulisan tersebut diterbitkan setelah melalui proses peer-review dengan memberikan analisis eksklusif dari berbagai sudut pandang.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA. 2021 - 2022

ILMU ADMINISTRASI PUBLIK & ILMU PEMERINTAHAN

1. Membayar Biaya Pendaftaran Sebesar Rp. 250.000 2. Mengisi Formulir Pendaftaran 3. Melampirkan 2 lembar fotocopy & Softcopy ijazah dan SKHUN SLTA/sederajat yang di legalisir 4. Melampirkan fotocopy & Softcopy Kartu Keluarga, KTP 1 lembar 5. Melampirkan pass photo berwarna ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 (masing-masing 2 lembar, pakaian kemeja warna putih dan Backround Merah) 6. Surat Pindahan, Transkip Nilai PT Asal (Khusus Mahasiswa Pindahan) 7. Fotocopy KIP (Kartu Indonesia Pintar)

JADWAL PENDAFTARAN

GELOMBANG I - 1 Februari 2021 s.d 30 Juni 2021

GELOMBANG II - 1 Juli 2021 s.d 31 Oktober 2021

KONTAK PERSON PMB

Drs. Nazmudin (085691471585) Darla Effendi, S.Pd (081290424897) Ahmad Toni, S.Sos (0813 1992 9940) Nita Suryaningsih, S.Kom (08777 297 4430)

Sekretariatan

KALENDER AKADEMIK 2021/2022

Loading...
X