KETUA STISIP BUKA PELATIHAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DI DESA BANGKUYUNG

PANDEGLANG.- Ketua STISIP Banten Raya, Dr. Nasir, S.P., M.P membuka Pelatihan Manajemen Kewirausahaan bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu pengrajin emping di Desa Bangkuyung, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Rabu (08/09/2021). Kegiatan tersebut digelar oleh mahasiswa STISIP Banten Raya yang tengah menjalani program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 2 yang dimotori Drs. H. Nurhasan, M.Pd sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

“KKM tahun ini berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, sebelum melaksanakan KKM, DPL dan mahasiswa harus melakukan asesmen di desa sasaran lokasi KKM yang disesuaikan dengan tema yakni ekonomi kreatif pada masyarakat. Dari hasil asesmen tersebut kemudian dipilih prioritas utama ekonomi kreatif yang akan dijadikan sasaran kegiatan kelompok KKM,” katanya.

Selanjutnya, kelompok melakukan pemetaan untuk menentukan intervensi program atau kegiatan (pendampingan) kepada masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi, baik waktu maupun kapasitas yang dimiliki oleh masing-masing kelompok dan lembaga. “Para mahasiswa dan lembaga akan melakukan pendampingan selama KKM berupa kegiatan sesuai tema atau isu yang mereka pilih dan Rencana Tindak Lanjut atau RTL yang mereka buat. Lembaga akan menindaklanjuti RTL tersebut nantinya,” paparnya.

Nasir menjelaskan,  RTL tersebut nantinya bisa diintervensi langsung oleh STISIP Banten Raya sesuai kemampuan lembaga atau berkoordinasi dengan stakeholder, baik pemerintah maupun swasta. “Intinya, hasil KKM bukan sekadar lembaran kertas yang ditumpuk di ruang arsip kampus. Tapi harus ada tindaklanjutnya, diupayakan ekonomi kreatif yang ada pada masyarakat benar-benar menjadi sustainable livelihood atau matapencaharian yang berkelanjut, sesuai target Sustainable Development Goals 2030,” tandasnya.

Ketua STISIP Banten Raya juga berharap, hasil KKM tahun ini oleh masing-masing mahasiswa dilaporkan, baik secara tertulis maupun dipublikasikan di media internal kampus. “Alangkah lebih baiknya lagi kalau laporan tersebut dibuat dalam format artikel atau ilmiah dan dimuat di media massa, cetak maupun online,” pungkasnya.

DPL Kelompok 2, Nurhasan menyatakan telah menyetujui pilihan lokasi dan tema ekonomi kreatif di Desa Bangkuyung yakni pengrajin emping untuk dijadikan fokus kegiatan kelompok tersebut. “Saya berharap, harapan Pak Ketua STISIP Banten Raya agar terwujudnya sustainable livelihood pada masyarakat pengrajin emping di Bangkuyung ini terwujud,” ujarnya.***

STRUKTUR KELEMBAGAAN

Pelayanan Bidang Akademik

Non Akademik

INFORMASI

INFORMASI

Kalender Akademik/ Daftar Sidang Proposal dan Skripsi ada di menu Akademik

INFORMASI

Sekretariatan Ada di menu Layanan

INFORMASI

Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2021/2022 ada di menu PMB

DOWNLAOD
Icon

Pengumuman Penerimaan Dosen 424.20 KB 17 downloads

...

FORM

1. Pendaftaran Seminar Proposal

2. Pendaftaran Sidang SKRIPSI

JADWAL KULIAH

Awal Semester Ganjil 2021/2022

Awal Semester Genap 2021/202

KALENDER AKADEMIK

TA. 2021/2022

KULIAH ONLINE

ZOOM / GOOGLE MEET

PUBLIKASI KAMPUS

KAMPUS STISIP BANTEN RAYA, LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 BAGI MAHASISWA BARU

KWARCAB PANDEGLANG LANTIK MABIGUS STISIP BANTEN RAYA

KELILING INDONESIA, RICKY KURNIAWAN SILATURAHIM KE STISIP BANTEN RAYA

1 2 3 9

KAPPEMI. Jurnal : Kajian Administrasi, Politik dan Pemerintahan Indoneisa diterbitkan oleh Sekoloah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya bekerjasama dengan IAPA  (Indonesian Association for Public Administration) dan KAPSIPI (Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia) sebagai revier, tujuan utamanya untuk menyebarkan kritik dan analisis asli dari peneliti dan praktisi akademis tentang berbagai kajian Admnistrasi Publik, Politik dan Pemerintahan Indoneisa. Tulisan tersebut diterbitkan setelah melalui proses peer-review dengan memberikan analisis eksklusif dari berbagai sudut pandang.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA. 2021 - 2022

ILMU ADMINISTRASI PUBLIK & ILMU PEMERINTAHAN

1. Membayar Biaya Pendaftaran Sebesar Rp. 250.000 2. Mengisi Formulir Pendaftaran 3. Melampirkan 2 lembar fotocopy & Softcopy ijazah dan SKHUN SLTA/sederajat yang di legalisir 4. Melampirkan fotocopy & Softcopy Kartu Keluarga, KTP 1 lembar 5. Melampirkan pass photo berwarna ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 (masing-masing 2 lembar, pakaian kemeja warna putih dan Backround Merah) 6. Surat Pindahan, Transkip Nilai PT Asal (Khusus Mahasiswa Pindahan) 7. Fotocopy KIP (Kartu Indonesia Pintar)

JADWAL PENDAFTARAN

GELOMBANG I - 1 Februari 2021 s.d 30 Juni 2021

GELOMBANG II - 1 Juli 2021 s.d 31 Oktober 2021

KONTAK PERSON PMB

Drs. Nazmudin (085691471585) Darla Effendi, S.Pd (081290424897) Ahmad Toni, S.Sos (0813 1992 9940) Nita Suryaningsih, S.Kom (08777 297 4430)

Sekretariatan

KALENDER AKADEMIK 2021/2022

Loading...
X