Jl. Raya Rangkasbitung KM.4 No.3, Kabupaten Pandeglang     (0253) 203 749     stisipbr.043239@gmail.com

 

Alternative flash content

Requirements

PROFIL

SEJARAH SINGKAT

SEJARAH STISIP BANTEN RAYA



YAYASAN
 Pendidikan Banten Raya awalnya berdiri dengan Akta No. 5 dari Notaris Nuzwar, SH di Rangkasbitung, tanggal 28 Oktober 1983. Nama Banten Raya yang dilekatkan pada nama yayasan ini telah tersosialisasi di masyarakat jauh sebelum munculnya gagasan pembentukan Provinsi Banten. Nama ini ditetapkan dengan maksud bahwa kelak di kemudian hari yayasan ini dapat menyelenggarakan lembaga-lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi di seluruh wilayah Banten.

Tahun 2001, yang merupakan tahun pertama efektifnya otonomi daerah dan Pemerintahan Provinsi Banten, Yayasan Pendidikan Banten Raya menyelenggarakan perkuliahan STISIP Banten Raya, yang digagas oleh Bapak H. Siswara dan kawan-kawan. Pada tahun 2002, perjuangan memperoleh ijin menemukan titik terang dengan diperolehnya Nota Pertimbangan dari Direktorat Kemahasiswaan, Dirjen Dikti, Depdiknas. Baru pada tanggal 1 Maret 2004 diperoleh SK Mendiknas Nomor 30/D/O/2004 mengenai ijin penyelenggaraan STISIP Banten Raya dengan dua jurusan, yaitu: (1) Jurusan Ilmu Administrasi Negara; dan (2) Jurusan Ilmu Pemerintahan.

Kini Yayasan Pendidikan Banten Raya telah diperbarui dengan didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM tanggal 05 Februari 2010 dengan nama lembaga “Yayasan Pendidikan Banten Raya – Pandeglang” atau disingkat YPBR Pandeglang. Begitu pula eksistensi jurusan/program studi terus ditingkatkan, yakni Program Studi Ilmu Administrasi Negara telah mengalami 2 kali perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi, dengan SK Dirjen Dikti Nomor 4805/D/T/2006 dan Nomor 4357/D/T/K-IV/2010. Begitu pula ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Pemerintahan telah dilegalkan dengan SK Dirjen Dikti Nomor 4806/D/T/2006 dan Nomor 4359/D/T/K-IV/2010. 

Kedua Program studi tersebut, tahun 2008 memperoleh status Terakreditasi BAN-PT. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Terakreditasi berdasarkan SK BAN-PT Nomor 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008 serta Program Studi Ilmu Pemerintahan Terakreditasi berdasarkan SK BAN-PT Nomor 027/BAN-PT/Ak-XI/S1/X/2008.

Dengan terpisahnya Banten dari Jawa Barat dan menjadi Provinsi berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2000, sekolah tinggi ini memiliki peran strategis yang cukup penting baik sebagai mitra maupun sebagai sarana pencetak calon-calon Sarjana Ilmu Sosial bidang Administrasi Negara maupun Sarjana Ilmu Politik bidang Pemerintahan. Bahkan tahun 2011 – 2013, dengan peluang yang ada STISIP Banten Raya akan mempersiapkan diri menjadi Universitas Banten Raya, dengan sebutan nama ”UBR”.

About

This tells you a bit about this blog and the person who writes it.

When you are logged in you will be able to edit this page by clicking on the edit icon.

ARTI LAMBANG

 

Lambang STISIP Banten Raya:

  1. Berbentuk perisai segi lima;
  2. Menara Mesjid Agung Banten;
  3. Tulisan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya;
  4. Dua buah Bintang;
  5. Tulisan STISIP – BR.
     

Arti Lambang :

  1. Perisai segi lima adalah lambang Pancasila, azas negara yang menjadi pedoman bagi segala usaha serta kegiatan STISIP Banten Raya diarahkan pada kepentingan negara, bangsa dan agama;
  2. Menara Mesjid Agung Banten adalah simbol identitas masyarakat Banten;
  3. Tulisan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya adalah nama perguruan tinggi yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Banten Raya - Pandeglang;
  4. Bintang adalah lambang harapan untuk mengejar cita-cita setiap mahasiswa;
  5. Tulisan STISIP – BR adalah nama pendek atau singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya;
  6. Warna kuning melambangkan warna jiwa, lambang cahaya dan kebahagiaan yang menggambarkan kejayaan dan keluhuran budi;
  7. Warna biru adalah warna laut, lambang kedamaian, ketenangan, kepercayaan kepada diri sendiri dan keseimbangan.

VISI & MISI

 

VISI STISIP Banten Raya

“Menjadi Perguruan Tinggi Sosial Politik yang Berperan Aktif dalam Pemberdayaan Masyarakat menuju Persaingan Global”

 

MISI STISIP Banten Raya

  1. Mengembangkan perilaku mahasiswa yang kreatif dan inovatif di lingkungan kampus dan mampu mereflikasi untuk pemberdayaan masyarakat di tingkat desa.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai unggulan Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Pemerintahan.
  3. Mendidik mahasiswa supaya mampu berjiwa kewirausahaan melalui profesinya di lingkungan masyarakat.
  4. Mengembangkan kampus sebagai agent of change untuk menjawab tantangan globalisasi sekaligus mendorong terwujudnya Good Local Governance.
  5. Memperluas akses dan kemitraan secara produktif untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia di instansi pemerintah maupun dunia usaha.
     

MARS STISIP BR

Sivitas Akademika Banten Raya, 

Darma Nusa Citra Bangsa

Maju Kiprahmu untuk Negeriku, 

Menuju Universitas Bermutu


Kini telah Harum Namanya, 

STISIP Banten Raya

Mendidik Masyarakat tiada henti, 

Rela Berkorban Jiwa Mengabdi

 

Banten Raya Kampus Tercinta,

Sungguh Mulia Harapannya

Asah Ilmu Cerdaskan Generasi,

Ikhlas Beramal atas Ridlo Illahi

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

 STISIP BANTEN RAYA