Jl. Raya Rangkasbitung KM.4 No.3, Kabupaten Pandeglang     (0253) 203 749     stisipbr.043239@gmail.com

 

Alternative flash content

Requirements

21 Des

DESA BERBASIS IT

PANDEGLANG.- Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang akan mengembangkan Desa berbasis IT dengan menindaklanjuti program dari Sekolah Tinggi Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (STISIP) Banten Raya yang telah membuatkan website untuk seluruh desa di Kabupaten Pandeglang.
“Hari ini kami menjalin Perjanjian Kerjasama dengan STISIP Banten Raya dalam rangka mengembangkan program website desa yang diawali dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan singkat pengelolaan website kepada 10 aparatur desa yang ada di Kecamatan Kaduhejo,” kata Camat Kaduhejo, Meli Diah Rahmalia didampingi Sekretarisnya, Abdurrahman.
Dijelaskan, dengan kerjasama tersebut, pihak STISIP Banten Raya akan melakukan pendampingan sekaligus melatih para operator di 10 Desa (Banjarsari, Bayumundu, Campaka, Sukamanah, Kadugemblo, Mandalasari, Palurahan, Ciputri, Saninten dan Sukasari) agar bisa mengelola website, sehingga dalam waktu dekat ini, media informasi online tersebut bisa segera diluncurkan dan diakses oleh masyarakat.
Sementara itu, Ketua STISIP Banten Raya, H. Siswara menyatakan, pembuatan website untuk seluruh desa di Kabupaten Pandeglang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
“Program ini kami terapkan kepada mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) pada tahun 2016. Pada waktu itu, ada 17 desa se-Pandeglang yang dijadikan tempat KKM dengan dengan fokus kegiatan yakni menyosialisasikan dan mengajarkan pengelolaan website kepada aparatur desa,” katanya.
Salah satu desa yang menjadi tempat kegiatan KKM waktu itu, lanjut Siswara adalah Palurahan, Kecamatan Kaduhejo. “Rupanya, pasca KKM tersebut, Camat Kaduhejo langsung menindaklanjutinya dengan menjalin kerjasama untuk pengelolaan website untuk seluruh desa di Kaduhejo,” tandasnya.
Menyambut Baik
Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi & Informatika, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pandeglang, Nandar Suptandar didampingi Kasi Informasi Publik, Chudari yang hadir pada acara tersebut menyambut baik adanya kerjasama antara Kecamatan Kaduhejo dengan STISIP Banten Raya dalam pengembangan website desa.
“Kegiatan hari ini sejalan dengan semangat Pemkab Pandeglang dengan kepemimpinan saat ini yang menginginkan pengembangan bidang IT dalam upaya meningkatkan pelayanan serta kemajuan Pandeglang ke depan,” tandasnya.
Sebelum acara penandatangan, dilakukan sosialisasi dan pelatihan singkat website desa yang dipandu oleh Bidang IT STISIP Banten Raya, Nurwarta Wiguna dan Chandra Wiguna kepada belasan aparat desa yang nantinya akan mendapatkan mandat sebagai operator/pengelola  website.***

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

 STISIP BANTEN RAYA