17 Feb

SEMINAR BUMDes

PANDEGLANG. (15/02/2018) Ratusan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya, sukses melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) yang di pusatkan di sejumlah Desa di Kecamatan Petir - Kabupaten Serang.

Menandai berakhirnya KKM, STISIP Banten Raya menggeler seminar nasional bertema 'Percepatan pembangunan masyarakat desa berbasis klinik BUMDes' di kampus setempat, dengan menghadirkan narasumber Direktur Pembangunan SDM Dirjen PDT, Priyono.

Ketua STISIP Banten Raya Dr Siswara menyatakan, hampir 3 tahun undang-undang desa berjalan, dimana desa harus memiliki standar kualitas mutu. Salah satunya dalam bidang peningkatan perekonomian desa. Untuk itu, kata siswara, STISIP sangat konsen dengan pemberdayaan dan pengembangaan desa menjadi desa mandiri.

"Kami mengirim ratusan mahasiswa dalam program KKM di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Misinya adalah mendorong desa-desa lokasi KKM memiliki BUMDes yang aktif dan maju. Desa-desa binaan itu akan terus dibina STISIP, yang telah memiliki program Klinik BUMDes bagi pemerintahan desa," kata siswara, kemarin.

Sementara itu, dalam paparan seminar yang dipandu Ketua Pelaksana KKM STISIP Banten Raya, Devi Nuryadin, Direktur Pengembangan SDM Dirjen PDT, Priyono, mengapresiasi langkah STISIP Banten Raya membentuk Klinik BUMDes untuk mendorong kemajuan desa, Menurutnya, apa yang dilakukan mahasiswa STISIP sejalan dengan nawacita Presiden Joko Widodo yang menjadikan desa berdaya saing baik secara SDM maupun ekonomi.

"Kami mendukung upaya STISIP Banten Raya mempelopori kebangkitan ekonomi desa melalui Klinik BUMDes. Harapannya, desa-desa di Banten bisa menemukan usaha sendiri untuk pembangunan desanya sehingga bisa keluar dari status ketertinggalan," kata Priyono.

Ditambahkan Priyono Kemdes PDTT sangat konsen dalam melaksanakan berbagai pembangunan pro desa. Namun, seluruh stakeholder terutama perguruan tinggi diharapkan aktif membantu peningkatan SDM dan manajerial warga desa dalam mengelola BUMDes.

"Apa yang dilakukan STISIP sudah tepat, Membimbing desa dan mengarahkan memiliki BUMDes yang aktif, Kami akan terus memonitor dan membantu," tandasnya.

Suasana seminar sendiri berlangsung cair. Para mahasiswa, kepala desa dari wilayah Kecamatan Petir aktif bertanya kepada narasumber tentang metode pembangunan BUMDes.

Turut hadir dalam seminar Ketua Yayasan STISIP Banten Raya Dahlan Hadyan.

 

 

 

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

STISIP BANTEN RAYA

 Jl. Raya Rangkasbitung KM.4 No.3, Kabupaten Pandeglang     (0253) 203 749     stisipbr.043239@gmail.com