Jl. Raya Rangkasbitung KM.4 No.3, Kabupaten Pandeglang     (0253) 203 749     stisipbr.043239@gmail.com

 

Alternative flash content

Requirements

23 Jan

STISIPBR Laksanakan PKL Berbasis SIM & PPD

Pandeglang, STISIP BR-  Bayu Nurrohman, M.Si., M.IPol selaku Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara mewakili Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya (STISIP BR) membuka  Acara Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada hari Sabtu, tanggal 20 Januari 2018 yang dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pandeglang, 3 Srikandi Camat yang terdiri dari Camat Kecamatan Pandeglang, Majasari dan Cimanuk. Dihadiri juga oleh Jeni Minan, M.Soc.Sc selaku ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, Nurwarta dan  Candra selaku Teknisi Sistem Informasi Website dan Peserta PKL. Kegiatan PKL berbasis SIM (Sistem Informasi Manajemen) untuk Prodi Ilmu Administrasi Negara dan Program PPD (Perencanaan Pembangunan Desa) untuk Prodi Ilmu Pemerintahan dilaksanakan selama 1 bulan dimulai dari Tanggal 22 Januari 2018 sampai dengan Tanggal 23 Februari 2018 diikuti oleh seluruh Mahasiswa Tingkat II (dua) semester III (tiga) yang berjumlah 150 orang yang terdiri dari 80 orang mahasiswa program studi (prodi) ilmu administrasi negara dan 70 orang prodi Ilmu Pemerintahan.

Dalam sambutannya Bayu Nurrohman berharap mahasiswa mampu megimplementasikan pemahaman dan konsep Egovernment di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kecamatan yang sudah Kerjasama dengan STISIP BR dalam Hal SIM Website.

“Mahasiswa itu (yang melakukan PKL) Sudah mengampu matakuliah lalu dipraktekan dilapangan seperti apa. Seperti halnya matakuliah Sistem Informasi Manajemen. Bagaimana cara Menerapkan keilmuan yg didapat dikelas di implementasikan dilapangan itu seperti apa. Mahasiswa harus bisa mengimplementasikan pemahaman dan konsep Egovernment di SKPD dan kecamatan tersebut. Bisa mengelola SIM yang ada di Kantor Tersebut” pungkasnya.

Tugas Mahasiswa mempelajari Kegiatan administrasi dan Pengelolaan SIM di perkantoran tempat PKL. Sehingga harapan yang dihasilkan dari kegiatan PKL ini Mahasiswa memahami secara teoritis dan Praktis. Memahami pengelolaan sim. Pengolahan, Penginputan, pengelolaan data dan yang lainnya.

“Output dari PKL adalah Mahasiswa memahami teoritis dan praktis . Memahami pengelolaan sim. Karna kita administrasi Negara visinya mencetak sumber daya handal yang inovatif. Inovatif disini pelayanan administrasi yang berbasis SIM. ” Tambah lelaki akrab dipanggil Bayu.

Jeni Minan, M.Soc.Sc selaku Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Mengungkapkan bahwa tujuan Pkl ini agar Mahasiswa mampu memahami pemerintahan  di desa dalam rangka membantu program pemerintah yang tercantum dalam uu no 6 tahun 2014 tentang desa.  Yang di butuhkan desa adalah Pendamping  dari  unsur  akademisi , dosen, sarjana, maupun mahasiswa. Calon calon sarjana  ini sebelum mereka lulus di harapkan sudah mampu membaca dinamika pemerintahan desa, sudah memahami perencanaan, pembangunan, tata kelola  keuangan di desa dan pemberdayaan masyarakat.jika  itu semua sudah di pahami oleh mahasiswa  Melalui  program PKL  ini di harapkan  menjadi lulusan sarjana ilmu pemerintahan yang unggul, sehingga  keilmuan dan pemahaman mahasiswa terkait desa beserta program program  yang  ada dan telah di canangkan  pemerintahan mampu membantu pembangunan di desa.

“jadi tujuannya (PKL) memahami pemerintahan  di desa dalam rangka membantu program pemerintah yang tercantum dalam uu no 6 tahun 2014 tentang desa.  Yang di butuhkan desa adalah Pendamping  dari  unsur  akademisi , dosen, sarjana, maupun mahasiswa. Calon sarjana diharapkan mampu membaca dinamika pemerintahan desa, memahami perencanaan, pembangunan, tata kelola  keuangan di desa dan pemberdayaan masyarakat dan diharapkan  menjadi lulusan sarjana ilmu pemerintahan yang unggul” Ucap Jeni Pria Lulusan Univesitas Kebangsaan Malaysia.

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

 STISIP BANTEN RAYA