22 Jan

BIMTEK 2018

Jumat, 19 Januari 2018 pukul 13.00 s.d 17.00 WIB bertempat di Aula Kampus Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya (STISIP Banten Raya) telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah untuk Jurnal Nasional pada STISIP Banten Raya, untuk Seluruh Dosen.

Seperti yang dikemukakan oleh Dr. Siswara, Ketua STISIP Banten Raya bahwa Tujuan dari Bimbingan Teknis ini adalah untuk meningkatkan mutu penelitian ilmiah yang dipublikasikan secara nasional dan internasional serta menjadikan jurnal Kampus STISIP Banten Raya KAPEMDA terakreditasi secara Nasional dimana untuk mewujudkan terakreditasinya jurnal KAPEMDA sebagai jurnal nasional diantaranya diperlukan kegiatan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian. Parameter yang dinilai diantaranya adalah jumlah dan kualitas penelitian, kualitas pendidikan, kualitas dosen/peneliti yang sesuai dengan standar yang tentukan oleh kemenristekdikti.

Pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Abdul Hamid Ph.D Ketua Program Magister Administrasi Publik dan Dosen Ilmu Pemerintahan Untirta sekaligus sebagai Anggota Dewan Riset Daerah Provinsi Banten. Materi yang disampaikan oleh pembicara adalah terkait (1) Dasar dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Untuk  Publikasi, (2) Kriteria Jurnal Nasional Terakreditasi, (3) e-jurnal dan (4) trik-trik publikasi jurnal pada jurnal akreditasi.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ketua STISIP Banten Raya, Gimas Rahadyan, S.STP, MM selaku Ketua LPPM STISIP Banten Raya, mengutarakan bahwa mewujudkan Jurnal KAPEMDA menjadi Jurnal Nasional terakreditasi memang tidak mudah. Kelemahan utama lebih disebabkan oleh motivasi dosen untuk meneliti hanya dikaitkan dengan usaha kenaikan pangkat kepegawaian dan belum menjadi sebuah kebutuhan atau rutinitas disamping kewajibannya dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian pada Masyarakat. (gms).

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

STISIP BANTEN RAYA

 Jl. Raya Rangkasbitung KM.4 No.3, Kabupaten Pandeglang     (0253) 203 749     stisipbr.043239@gmail.com