15 Agu

PANDEGLANG - Lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online, tingkat kelurahan di lingkup Kecamatan Pandeglang, yang digelar pada Rabu (15/8/2018) kemarin, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun, yang diikuti oleh Kelurahan Kabayan, Kadomas, Pandeglang dan Babakan Kalang Anyar itu, berjalan dengan sukses.

Lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online, yang mengusung tema "Web Kelurahan Sebagai Sarana Terdepan Guna Meningkatkan Efesiensi Pelayanan Kepada Masyarakat," rupanya cukup mendapat apresiasi positip dari Siswara, salah seorang Akademisi STISIP Banten Raya, yang juga dipercaya sebagai juri penilai pada lomba saat itu.

Menurut Siswara, kegiatan yang dilakukan oleh Kecamatan Pandeglang, dengan mengadakan Lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online ini, adalah sebuah langkah maju dalan sistem tata kelola pemerintahan, serta sebuah kegiatan yang sangat strategis, dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih berbasis online, guna terwujudnya "E-Goverment And Clean Government."

"Ini adalah suatu kegiatan yang sangat strategis, dalam rangka melangkah kedepan, membangun pemerintahan berbasis E-Goverment, atau satu loncatan positif yang harus kita bangun. Karena seiring tuntutan jaman, e-goverment menjadi sebuah keharusan demi terwujudnya good and clean government, dan di Pandeglang saya rasa, Kecamatan Pandeglang sudah memploporinya melalui lomba kali ini," ungkap Siswara, dalam sambutannya.

Dikatakannya juga, Lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online ini, mungkin yang pertama di lakukan oleh instansi pemerintahan, yang ada di Propinsi Banten ini. Dimana diharapkan, kegiatan seperti ini bisa menjadi referensi, atau pengungkit terciptanya sebuah pemerintahan yang baik, sehingga terciptanya akuntabilitas pemerintahan yang transparan pada publik,
guna mewujudkan good governance.

"Daerah yang tata kelola pemerintahannya telah berbasis online, mungkin sudah banyak, dan di Banten sendiri sudah ada beberapa daerah yang tata kelola pemerintahannya berbasis online. Namun untuk menggelar lomba ekpos sendiri, saya rasa Kecamatan Pandeglang bisa dibilang plopornya. Karena memang lomba ini sejatinya, bisa dijadikan referensi bagi daerah lain, yang sedang membangun e-government," tambah Siswara.

Sementara itu, Camat Pandeglang Melly Dyah Rahmahlia, mengaku. Awal dari diadakannya Lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online ini, bertujuan untuk membangun kelurahan-kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Pandeglang, agar lebih aktif lagi memberikan informasi seputar kelurahan, menggunakan media website, terutama terutama tentang segala hal yang berkaitan dengan pelayanan, dan program di kelurahan.

"Tujuan kita sederhana, Kecamatan Pandeglang terbagi pada empat kelurahan, dan program dan pelayanan yang kita berikan pada masyarakat, lokasinya ya di kelurahan-keluragan itu. Jadi, melalui lomba ekpos kita mencoba membangun transparansi publik, dalam rangka mewujudkan e-government, kususnya di lingkup Kecamatan Pandeglang," tegas Melly singkat.

Di infokan, dalam Lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online, tingkat kelurahan di lingkup Kecamatan Pandeglang, yang berlangsung pada Rabu (15/8) kemarin tersebut. Diketahui, Juara Pertama diraih oleh Kelurahan Kabayan, kemudian Juara Dua diraih oleh Kelurahan Pandeglang, Juara Tiga diraih oleh Kelurahan Kadomas, dan Juara Empat disandang oleh Kelurahan Babakan Kalang Anyar. (*)


15 Agu

PANDEGLANG. - (14/8/18) Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 73, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, menggelar lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online di kelurahan lingkup Kecamatan Pandeglang, dengan tema “Web Kelurahan Sebagai Sarana Terdepan Guna Meningkatkan Efesiensi Pelayanan Kepada Masyarakat” yang puncak kegiatannya akan dihelat Rabu (15/8/2018) esok, di Aula Kantor Kecamatan Pandeglang.

Lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online ini, diikuti Kelurahan Kabayan, Kalanganyar, Kadomas dan Pandeglang. Dimana tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut, diakui Camat Pandeglang Melly Dyah Rahmahlia, yakni untuk membangun sistem informasi di kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Pandeglang, agar lebih fokus lagi dalam mengelola website yang telah disediakan, sehingga keberadaan website tidak hanya sebatas pelengkap semata.

“Tujuan dari digelarnya lomba tersebut, yakni untuk memotivasi operator website kelurahan di lingkup Kecamatan Pandeglang, dan untuk mengkoordinasikan pengisian dan peremajaan data serta informasi yang ditampilkan dalam website. Dan selain itu pun, kegiatan lomba ini pun, untuk memanfaatkan website sebagai sarana pelayanan pada masyarakat, disamping mendukung terciptanya e-Government di Kecamatan Pandeglang ini,” aku Melly, Senin (13/8/2018).

Sasaran, atau output dari kegiatan lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online yang telah dimulai sistem penilaiannya sejak 1 Agustus 2018 kemarin itu, dikatakan Camat Pandeglang agar terpelihara, serta terupdate data informasi pada situs web Kelurahan lingkup Kecamatan Pandeglang, secara berkesinambungan. Selain membangun karakter IT bagi para staf, maupun oprator website di setiap kelurahan, terutama dalam mengemas data menjadi informasi.

“Ini hanyalah bagian dari harapan kita kedepan, dengan mengadakan lomba, yang rencananya akan terus kita lakukan setiap tahunnya, agar para Lurah, maupun staf atau oprator-oprator website tersebut, bisa lebih intens dan aktif lagi dalam mengelola website yang telah ada ini. Karena bila kita tidak melakukan loncatan, dengan membangun informasi berbasis online, maka dapat dipastikan kita akan tertinggal,” ungkapnya.

Sementara itu, Nurwarta Wiguna salah seorang praktisi IT di STISIP Banten Raya, mengaku. Bahwa lomba Ekpos Pembangunan Berbasis Online kelurahan di lingkup Kecamatan Pandeglang itu, adalah langkah besar di era digital saat ini. Bahkan dirinya pun berharap, kegiatan lomba semacam ini, dapat diadopsi oleh Pemkab Pandeglang, sehingga laman-laman web yang dimiliki OPD di Pandeglang, menjadi lebih up to date.

“Ini adalah kegiatan yang sangat bagus, bahkan mungkin yang pertama di Pandeglang, atau di daerah lainnya di Indonesia. Karena lomba ekpos pembangunan berbasis online ini, secara tidak langsung sudah membuka kran informasi pada publik, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan, kegiatan, dan program yang ada di Kecamatan Pandeglang, dengan menggunakan media berbasis website,” aku Nurwarta.

“Maka dari itu, harusnya kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan oleh Kecamatan Pandeglang saja, tapi oleh semua kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang ini. Bahkan kalau perlu, Pemkab Pandeglang yang membuat kegiatannya, dimana OPD, kecamatan, serta kelurahan, atau desa sebagai pesertanya. Jadi website yang ada saat ini, tetap aktif dan up to date, sebagai sarana publikasi berbasis online,” pungkasnya (Daday)

Sumber : FAJARBANTEN.COM

http://fajarbanten.com/kecamatan-pandeglang-gelar-lomba-ekpos-pembangunan-berbasis-online/


Halaman 1 dari 22

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

STISIP BANTEN RAYA

 Jl. Raya Rangkasbitung KM.4 No.3, Kabupaten Pandeglang     (0253) 203 749     stisipbr.043239@gmail.com